10 hal penting tentang gitar


14 07 2008

Mungkin sekali pada saat anda pertama kali mulai memainkan gitar elektrik, timbul pertanyaan-pertanyaan yang seringkali membuat anda bingung. Bagi pemain profesional mungkin akan sangat mudah untuk menjawabnya, namun bagi para pemula bisa jadi akan sangat membuat pusing kepala. Nah… ada baiknya anda simak 10 hal berikut ini.

  1. Mengapa Fret gitar saya buzzing ?

Bila anda sedang memainkan gitar anda dan tiba-tiba menemui suara “buzzing” ( brtz…brtz…) pada fret tertentu, itulah yang disebut dengan istilah fret buzzing. Hal ini biasanya disebabkan oleh fret fret gitar yang sudah “terkikis habis “ sehingga tidak lagi rata ketinggiannya satu dengan yang lainnya. Cara mengatasinya yaitu : dengan re-fretting ( mengganti seluruh fret pada gitar anda ), atau melakukan proses “ leveling” ( meratakan ketinggian fret di seluruh neck gitar dengan sand paper /sejenis amplas. Namun demikian hal ini sebaiknya dilakukan oleh seorang profesional.

  1. Mengapa neck gitar saya bengkok ?

Jika hal ini terjadi pada gitar anda, jangan terlalu kuatir, karena cukup sering dijumpai gitar dengan neck yang tidak lurus ( bengkok ). Bahkan bila anda lihat gitar-gitar baru yang dipajang di toko sekalipun, dapat terjadi kasus neck bengkok (bowing). Penyebabnya bisa jadi adalah tension /tegangan yang berlebihan dari senar, sehingga neck menjadi bengkok ke arah atas. Tegangan berlebihan ini bisa disebabkan karena senar yang dipakai berukuran sangat tebal, misalnya di atas 0.12 . Cara mengatasinya adalah dengan mengendurkan senar-senar dan memutar “truss rod “ ( truss rod adalah sejenis besi yang terdapat di dalam neck gitar ) searah jarum jam sebanyak kurang lebih ½ hingga satu putaran penuh. Namun demikian proses ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena dapat mengakibatkan truss rod patah. Bila truss rod terlalu sulit diputar, sebaiknya jangan dipaksa. Lebih baik hentikan proses tersebut dan serahkan kepada ahlinya.

  1. Mengapa bunyi gitar saya noise ?

Bunyi noise sesungguhnya ada bermacam-macam, namun yang sering dijumpai adalah noise yang disebabkan oleh wiring / perkabelan yang tidak sempurna. Jika memang demikian, sebaiknya dilakukan pengecekan pada bagian perkabelan. Kebanyakan gitar memiliki perkabelan yang tidak terlalu rumit, sehingga memungkinkan anda untuk melakukan pengecekan sendiri. Pertama-tama, lihatlah kabel yang tersambung ke ground. Kabel ground ini adalah kabel yang tersambung ke body potensiometer. Periksalah apakah solderannya tersambung dengan baik, ataukah kendur, atau hanya sebagian kecil yang menempel. Hal-hal demikian dapat menyebabkan kabel ground tidak menempel dengan sempurna sehingga akan timbul suara “dengung / noise “. Kemungkinan lainnya adalah : lubang bukaan tempat kabel pada belakang body gitar anda tidak tercover dengan sempurna oleh material penghantar. Biasanya material yang dipakai untuk mengcover adalah cat hitam yang terbuat dari karbon, dan alumunium foil pada tutup belakang. Jika memang terjadi demikian coverlah bagian lubang tersebut secara sempurna.

  1. Mengapa pada nada tinggi gitar saya sering tidak “in tune”

Jika aanda mengalami hal demikian, kemungkinannya adalah intonation problem. Pada problem intonasi ini, yang harus dilakukan adalah penyesuaian letak saddle pada bridge. Pada gitar dengan intonasi yang sudah diset dengan benar, posisi saddle antar senar satu hingga senar 6 justru tidaklah rata. Untuk melakukan seting intonasi ini, anda membutuhkan electrik tuner. Sebagai contoh : setemlah senar 1 ( nada E ) dengan tuner. Setelah itu periksalah pada posisi open string dan posisi fret 12 dan 24, haruslah menunjukan nada yang persis sama pada tuner anda. Jika pada fret 12 ternyata nada E lebih tinggi dibandingkan dengan open string, maka geserlah saddle ke arah depan. Lalu lakukan pengecekan lagi dengan tuner. Namun jika terjadi nada E lebih rendah pada fret 12 dibandingkan dengan open string, maka saddle harus digeser ke arah belakang. Lakukan proses yang sama untuk senar yang lainnya.

  1. Mengapa bila satu senar putus sisa senar yang lain menjadi tidak tune ?

Mungkin hal ini pernah terjadi pada gitar anda, yaitu pada waktu satu senar putus, maka ke 5 senar sisanya menjadi tidak tune atau fals ( sumbang ). Jika ini terjadi, maka kemungkinan bridge gitar anda dalam keadaan “floating”, atau tidak berada pada “zero position”. Yang dimaksud dengan floating disini adalah : bagian belakang plat bridge tidak menempel pada body gitar. Namun jika pada gitar anda menggunakan bridge Floyd Rose dengan sistem “up and down”, maka senar putus di tengah performance bisa jadi sebuah bencana, karena bisa dipastikan seluruh senar sisanya akan out of tune.

Kondisi seperti ini bisa di atasi dengan mengencangkan per / pegas pada body belakang gitar, sehingga seluruh plat bridge menempel pada body gitar.

  1. Mengapa tune ( seteman ) gitar saya selalu berubah bila tremolo bar dimainkan ?

Kasus seperti ini cukup sering terjadi pada gitar dengan double locking system /Floyd Rose system.

Bila tremolo bar ( handle vibrato ) dimainkan cukup sering, dapat mengakibatkan tuning gitar ( seteman) berubah sedikit, sehingga bunyi gitar menjadi sumbang. Hal ini mungkin dikarenakan penguncian yang tidak sempurna pada bagian “nut” gitar anda. ( jika terdapat locking nut ). Jika musik yang anda mainkan menuntut anda untuk menggunakan teknik “whammy bar” ( dive bombing / menekan vibrato bar cukup dalam dan dilakukan secara berulang-ulang ) cukup sering, maka bisa terjadi kuncian pada nut gitar menjadi kendur. Untuk pencegahannya, lakukanlah pengecekan tune setiap selesai beberapa lagu, dan lakukan penguncian nut dengan cukup keras.

  1. Mengapa senar gitar saya berkarat ?

Karat atau korosi pada senar gitar adalah suatu hal yang sangat sering terjadi, bahkan bisa dikatakan pasti akan terjadi. Senar gitar yang beredar di pasaran pada umumnya terbuat dari bahan logam nickel atau steel. Kedua bahan logam ini mempunyai tingkat korosi yang berbeda, namun demikian telapak tangan yang berkeringat akan menyebabkan proses korosi / karat cepat atau lambat akan terjadi. Seperti kita tahu bahwa keringat manusia bersifat asam, sehingga hal ini yang menyebabkan senar gitar berkarat / korosi. Pencegahannya ? Sesungguhnya tidak ada cara untuk mencegah proses korosi ini, hanya dapat dilakukan upaya untuk memperlambat proses karat tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan perawatan senar dengan benar, setiap kali gitar selesai dimainkan. Misalnya dengan mem-polish senar gitar anda dengan cairan “gitar polish” atau “fast fret”, atau produk serupa lainnya yang banyak beredar di pasaran. Cara ini sebetulnya sangat mudah dilakukan, hanya banyak pemain gitar yang enggan untuk melakukannya karena menganggap hal ini bukanlah suatu yang penting.

Mengapa suara gitar saya semakin mengecil ?

Suara gitar yang semakin mengecil bisa jadi dikarenakan output dari pickup yang melemah. Hal lain yang mungkin jadi penyebab adalah batery dari pickup sudah lemah dan perlu diganti. Yang terakhir ini tentunya apabila circuit dalam gitar anda bersifat aktif atau anda menggunakan pickup aktif ( menggunakan batery ). Cobalah ganti dengan batery yang masih baru ( jenis alkaline sangat disarankan karena mempunyai masa pakai yang lebih lama ). Komponen pembentuk pickup yang utama adalah magnet, dan ternyata kekuatan magnet tersebut juga tidak selamanya tetap. Berarti bisa jadi ada penurunan power karena kondisi magnet. Namun demikian tidak tertutup adanya kemungkinan lainnya yang dikarenakan perlakuan terhadap pickup yang salah ( misalnya : mengekspose dibawah cahaya / panas matahari terlalu lama ).

  1. Mengapa terdapat bunyi noise pada volume dan tone ?

Noise ( bunyi yang tidak dikehendaki ) adalah salah satu problem ynag cukup sering muncul pada gitar elektrik. Bunyi noise pada volume / tone pada saat diputar,

( krssssk....) biasanya disebabkan oleh potensiometer yang kotor / rusak. Bila hal ini terjadi, disarankan untuk membersihkan potensiometer tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan cairan contact cleaner. Prosesnya adalah sbb : angkat penutup potensio tersebut, kemudian sambil memutar-mutar potensio tersebut, semprotlah cairan cleaner pada bagian pangkalnya. Lakukan ini berulang-ulang pada volume dan tone. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah : pada bagian dalam potensiometer terdapat bahan carbon, dan penyemprotan dengan cairan contact cleaner berulang-ulang dapat mengikis carbon tersebut, jadi disarankan bila terjadi noise pada volume dan tone, segeralah menggantinya dengan potensiometer yang baru. Penggantian ini merupakan hal yang sangat wajar dan dapat dilakukan berkala, mengingat harga potensiometer juga relatif murah.

  1. Mengapa sound gitar saya sering terputus-putus ?

Sound gitar yang terputus-putus atau bunyi yang mati-mati, juga cukup sering dihadapi. Ada beberapa penyebab, antara lain : terdapat masalah pada kabel jack anda, atau terdapat masalah pada female jack / rumah jack yang tertanam pada body gitar. Bila masalahnya pada jack anda, sangat mudah hanya tinggal mengganti kabel jack. Namun bila yang menjadi penyebab adalah rumah jack pada body gitar, harus dilakukan pengecekan.

Bukalah sekrup penutup dan lihatlah bagian dalam rumah jack. Biasanya kaki-kaki pada rumah jack sudah kendur dan tidak mengapit dengan sempurna apabila jack dimasukkan ke dalamnya. Disarankan langsung mengganti female jack / rumah jack tersebut. Namun bila waktunya tidak memungkinkan untuk langsung mengganti, maka lakukan hal berikut : bengkokkanlah kaki-kaki tersebut ke arah dalam. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai menyebabkan kaki-kaki tersebut patah. Setelah itu periksalah dengan memasangkan jack ke dalamnya. Apakah jack tersebut sudah terjepit dengan sempurna.

Ok guys…diharapkan bila masalah-masalah kecil seperti di atas muncul, anda tidak menjadi panik. Lakukan pembetulan sendiri sesuai petunjuk, dan ingat apabila sesudahnya masih terdapat problem, sebaiknya berkonsultasilah dengan ahlinya. Good luck !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: